Senin, 29 Agustus 2016

Apa itu AVR Generator

Apa itu AVR Generator?
Tahu kah Anda apa itu Automatic Voltage Regulator atau yang dikenal sebagai AVR? AVR adalah sebuah Stabilizer yang mempunyai fungsi untuk menstabilkan tegangan listrik untuk peralatan-peralatan elektronik (komputer, kulkas, televisi, dan beebrapa peralatan industri lain) di rumah maupun perusahaan. Oleh sebab itulah AVR sering disebut sebagai STAVOL atau Stabilizer Voltage.

AVR Generator CIN81 dari Mitraparts
Mengapa menggunakan AVR? Karena dengan menggunakan AVR atau STAVOL kita bisa menjaga peralatan kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh tegangan listrik yang berubah. Kita ambil contoh yang mudah, CPU komputer Anda di rumah atau perusahaan baiknya tidak dihidupkan ketika tegangan listrik Anda kurang dari 220V (Volt). Hal ini disebabkan karena regulator power supply akan terpacu untuk menyalakan CPU, sehingga membuat transistor atau triac di rangkaian regulator menjadi terbebani atau overload yang juga dapat mengakibatkan kerusakan pada regulator power supply CPU komputer kira.

Kita membutuhkan AVR atau STAVOL jika kita menemukan gejala-gejala seperti hal ini di rumah maupun perusahaan kita:

        Air Conditioner yang kurang dingin,
        Hasil produksi di perusahaan kurang bagus atau tidak sempurna,
        Cepat rusaknya alat-alat elektronik di rumah atau perusahaan (rusak meski belum waktunya), dan
        Kurang dinginnya AC di rumah atau perusahaan Anda.


Prinsip Kerja
Sistem pengoperasian unit AVR atau STAVOL memiliki fungsi untuk menjaga tegangan generator tetap stabil dan tidak terpengaruh oleh perubahan beban listrik yang selalu berubah-ubah dimana tegangan yang berubah-ubah itu sangat mempengaruhi tegangan di output generator.

AVR Generator R130B dari Mitraparts
Prinsip kerja AVR Generator adalah mengatur arus penguatan (excitacy) pada exciter. Apabila tegangan output generator dibawah tegangan batas normal, maka AVR atau STAVOL akan memperbesar arus tegangan, begitu juga sebaliknya. Maka jika ada perubahan tegangan pada output generator, AVR atau STAVOL akan menstabilkannya dengan otomatis tanpa perlu Anda mensettingnya secara manual.

Kerusakan dan Cara mengatasinya.
Kerusakan yang sering terjadi pada AVR atau STAVOL adalah sering putusnya Fuse atau Sekering, sehingga membuatnya tidak berfungsi seperti seharusnya atau bahkan mati. Kerusakan pada Sekering atau Fuse ini disebabkan karena Overload atau kelebihan beban yang melebihi kapasitas AVR atau STAVOL yang telah ditentukan. Bisa juga terjadi akibat hubungan arus pendek atau koorslet pada peralatan-peralatan listrik yang terhubunga langsung ke AVR atau Stavol. Namun, ada juga kerusakan yang cukup rumit yang dialami oleh AVR yaitu kerusakan yang diakibatkan oleh atau dari ausnya, Carbonbrush (batu arang) yang mengakibatkan tegangan yang diberikan teruputus-putus dan mengeluarkan percikan api pada kumparan atau gulungannya, dimana hal ini cukup berbahaya dan dapat mengakibatkan kebakaran sehingga kita harus mengganti AVR kita dengan yang baru.

Cara mengatasi kerusakan berikut adalah dengan membersihkan kumparan trafo yang terdapat di AVR tersebut yang dilewati oleh Carbonbrush dengan menggunakan alat kuas. Setelah itu bersihkan juga kawat tembaga dengan menggunakan cutter sampai kawat tersebut terlihat bersih dan mengkilat. Kedua, longgarkan baut pengunci lengan pengatur tegangan dan tekan ke arah kumparan trafo dan kencangkan. Tapi, apabila carbonbrush sudah aus dan tidak lagi menyentuh ke kumparan trafo, maka sebaiknya Anda ganti Carrbonbrush Anda dengan yang baru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa itu AVR Generator

0 komentar:

Poskan Komentar